WellKom

selamat menikmati kunjungan anda, semoga bermanfaat,,...TERIMA KASIH

Tuesday, January 26, 2010

awal muasal Virus komputer





            apakah selama ini tahu virus komputr pertama kali diciptakan oleh siapa dan siapakah penemunya,virus merupakan program yang dapat membelah diri  dan menyebarkan diri.sebenarnya virus pertama kalinya tercipta bersamaan dengan terciptanya komputer. pada tahun 1949,salah seoang pencipta komputer  john von newman,yang menciptakan electronic discrete variable automatic computer(EDVAC),memaparkan makalahnya yang berjudul "theory and organization of complicated Automata". dalam makalah ini dipaparkan tentang sebuah program yang dapat menyebar dengan sedirinya.

             perkembangan virus selanjutnya terjadi di bell laboratory salah satu laboratorium komputer komputer terbesar dunia yang telah menghasilkan berbagai karya mengagumkan.pada sekitar 60-an.setisp waktu istirahat para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapat memusnahkan program lawan.selain itu program tersebut dapat memperbanyak diri secara otomatis.perang program ini disebut "core war" ,yaitu
pemenangnya ialah pemilik program yang menyisakan program terbanyak dengan selang waktu tertentu. karena sadar dengan bahaya program tersebut apabila jatuh keluar laboraturium.maka setiap selesai permainan program selalu dimusnahkan.
            pada tahun 70-an perusahaan bernama Xerox memperkenalkan program yang bertujuan untuk mengerjakan tugas secara tertentu.program ini menyerupai virus.dan pada tahun 1980-an mulai terjadi perang virus melalui paparan fred cohen seseorang peneliti di salah satu universitas cincinati,ohio.dalam pemaparanya freed juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaanya sebuah virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer.
            banyak para ahli menyalahkan kehadiran fred dan ada pula yang berpendapat bahwa virus sudah ada sejak lama namun keberadaanya saja yang tidak diketahui.
              



1 comment: