WellKom

selamat menikmati kunjungan anda, semoga bermanfaat,,...TERIMA KASIH

Sunday, January 17, 2010

KHASIAT DAUN-DAUNAN DAN BUAH-BUAHAN DAN AKAR-AKARAN BAGI KESEHATAN...

KHASIAT DAUN UBI KAYU(untuk mengobati reumatik)

Daun ubi kayu yang dikampung hanya untuk urap atau sayur mayur, kalau dikota besar, terutama di kota sumatera barat untuk rendang ubi ditaruh di panci yang besar di letakkan dilemari kaca yang ada di restaurant-restaurant yang mempunyai khasiat ialah kalau ada penyakit reumatik asal belum parah bisa diobati dengan menggunakan daun ui kayu.


Caranya ialah: ambilah beberapa lembar daun ubi kayu di tumbuk yang halus di campur dengan kapur sirih, kemudian adonan itu di gosok-gosok di tempat yang terasa sakit. Dan dilakukan beberapa kali.

KHASIAT DAUN PEPAYA (sebagai penyegar air susu ibu)



Daun pepaya itu baik yang sudah direbus maupun yang masih mentah memang terasa paht tapi pahitnya itulah yang mengandung obat. Terutama bagi ibu-ibu yang sedang neteki agar air susu ibu bisa keluar dengan deras dan segar maka caranya sebagai berikut:daun pepaya kita ambil yang sedang, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Kemudian ditumbuk yang halus di dalam lumpang. Tumbukandaun pepaya di peras dengan air dan disaring kemudian di campur dengan gula pasir semanisnya, agar dapat mengurangi rasa pahit, terus diminum, setelah minum air daun pepaya tersebut perut terasa longgar.

KHASIAT DAUN JARAK (sebagai obat gatal)

Batang jarak yang tingginya kurang lebih 2 meter daunnya seperti daun pepaya mempunyai khasiat sebagai obat gatal caranya: ambil daun jarak beberapa lembar kemudian direbus sampai airnya mendidih.kalau iarnya sudah mendidih, dituangkan pada ember besar.dan daunnya dibuang air daun jarak yang panas tersebut di campur dengan air dingin, hingga menjadi suam-suam kuku tersebut, pakailah untuk mandi.dan lakuklanlah cara ini pagi dan sore hari.

KHASIAT KUNYIT (sebagai obat tambah darah)

Kunyit yang berbentuk umbi batang, berwarna kuning, dan mempunyai kandungan pati,zat arang dan zat kuning. dan berbau segar mengandung khasiat antara lain:

A. untuk menambah darah

Caranya ialah kunyit diparut, diperas dengan air masak yang sudah dingin, teru disaring kemudian di campur dengan gula aren di tambah dengan gula aren ditambah sedikit garam, teru diminum.

KHASIAT DAUN APOKAT( sebagi obat sakit pinggang)

Caranya ialah ambil daun apokat 20 lembar dicuci yang bersih kemudian direbus dengan air 4 gelas blimbing , dan tinggalkan 2 air gelas saja. Yang terakhir air disaring dan ampasnya di buang minumlah pagi satu gelas sore satu gelas.

orang bijak berkata "tak ada obat yang mujarap selain buatan yang diatas.. maka temukanlah khasiat lainnya yang bisa anda temuai di sekitar anda

2 comments: