WellKom

selamat menikmati kunjungan anda, semoga bermanfaat,,...TERIMA KASIH

Friday, January 15, 2010

gangguan otak

ada bebrapa gangguan pada otak manusia yang dapat menghambat pembelajaran di sekolah, kesulitan belajar ini diakibatkan oleh gangguan pada otak yang mungkin dapat di obati. yang semuanya dapat menyebabkan kesulitan di dalam sekolah, ada tiga tipe yang paling umum yaitu dyslexia,lamban belajar, dan kurang memusatkan perhatian/gangguan hiperaktif



istilah yang digunakan untuk seorang yang kesulitan dan parah dalam upaya membacaterlepas dari kecerdasan normal dan dan akses terhadap kesempatan-kesempatan pengajaran,linguistik dan lingkungan.otak yang memiliki dyslexia berbeda dengan otak yang tidak mengalami gangguan ini. dalam perkembanganya,neutron pada jabang bayi bermigrasi dari tuba neutral ke lobus akhir.Dyslexia secara luas dianggap sebagai gangguan berbasis otak,berbasis bahasa karena terdapat patahan dalam hal bahasa bunyi diterjemahkan kedalam serangkaian simbol bahasa tulisan yang mewakili bunyi tersebut.

pengobatan dyslexia
gunakan instruksi bunyi yang instensif dengan materi mambaca yang menarik dengan jangka waktu yang lama.. siswa perlu pengetahuan tentang huruf ,memori kata dan praktik fonem,biasanya pelatihan ini sangat berharga.mulailah dr awal dan konsisten . banyak program yang bermanfaat, termasuk program membaca ortongillingham,lexia atau wilson. yang diperlukan adalah dua strategi
1.memperbaiki membaca dengan mengajarkan siswa untuk membaca lebih produktif.
2.akomodasi yang mengajrkan siswa bagaimana mengkompensasi masalah membaca dan bersaing dengan teman2 se kelas walaupun mengalami kesulitan dalam hal membaca.


lamban belajar
istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan kegagalan seseorang untuk membuat perkembangan yang normal tepat pada waktunya. tak terhitung masalah kelambanan ini yang mempengaruhi anak: kerusakan genetika,perkembangan sebelum kelahiran yang buruk, kekerasan serangan pada otak dan lingkungan yang buruk waktu kelahiran. sindrom alkohol dalam kandungan atau FAS(fetal alcohol syndrome) juga salah satu penyebabnya.

gejala-gejala. gejala yang paling umum ialah kekurangan dalam berbicara dan berbahasa.siswa ini sering mengalami kesulitan dalam bahasa lisan dan tulisan dibawah tingkat literal dan kesulitan dengan keterampilan berfikir seperti brainstorming dan menyelesaikan masalah.

pengobatan. upaya yang dilakukan untuk memperbaikinya ialah dengan memberi nutrisi(memberi suplemen tiap hari) , aktifitas fisik dan berada dalam lingkungan yang kompleks,berarti dan rendah stress. dan memberi dukungan sosial dan membuat pengalaman belajar sebagai sesuatu yang positif..



kurang memusatkan perhatian/gangguan hiperaktif
gangguan kurang perhatian(ADD-attention defisit disorder) merupakan gangguan tingkah laku disruptif yang paling umum, gangguan ingatan jangka pendek yang buruk, ketidakmampuan untuk menunda kepuasan dan kekurangan pemprosesan temporalkondisi ini mencetuskan hal-hal tanpa memikirkanya,tidak merefleksikan dan tidak merefleksikan sesuatu dimasa lalu,lupa apa yang baru saja diucapkan.
gejala-gejal ADD. siswa yang menderita ADD sangat buruk mengaplikasikan kemampuan koknitif,tingkah laku,yang sangat bervariatif.mereka menunnjukan gangguan terhadap waktu ,menginginkan sesuatu dengan segera dan mereka memiliki kecenderungan akan meja yang berantakan yang merefleksikan pikiran mereka.
gejala-gejala AD/HD(ADD dengan hiperaktivitas) dengan tambahan hiperaktif anak/remaja yang menderita ADD sering menunjukan rasa gelisah dan fisik kadang mengalami sikap antisosial dan kurang keinginan untuk tidur.mereka selalu begerk. secara karkteristik mereka lebih senang berdiri daripada duduk dan belari darpada berjalan.

Pengobatan ADD/HD.
>tulislah semua hal dan ucapkan dua kali dan biarkan siswa menuliskan kata-kata kunci diudara untuk melatih pemusatan perhatian dan ingatan yang lebih baik. tempat belajar dapat membantu mengelola alur informasi.
>bagilah waktu yang akan datang ke dalam potongan2 kecil(kalender,nota dan sejenisnya)
>sediakan kriteria pemeriksaan diri sendiri yang membantu.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget